Suastrawan, Komang Edi (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA SMP KELAS VII DENGAN MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING BERBASIS ISU-ISU SOSIAL SAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1923071032-COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923071032-ABSTRAK.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923071032-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa e-modul IPA SMP kelas VII dengan model process oriented guided inquiry learning berbasis isu-isu sosial sains yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan mengakomodasi model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif melalui kuesioner validitas, kepraktisan, dan tes keterampilan berpikir kritis. Uji efektivitas pada penelitian ini dilakukan melalui pre-experimental dengan one-group pretest-posttest design. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh, yaitu (1) e-modul disusun dengan model process oriented guided inquiry learning berbasis isu-isu sosial sains kontroversial yang dilengkapi video, audio, dan kuis interaktif. (2) e-modul IPA dinyatakan sangat valid dari segi materi dengan Koefisien Validasi Gregory 1,0, valid dari segi bahasa dengan nilai rata-rata 96,36, dan valid dari segi media dengan nilai rata-rata 96,13. (3) e-modul dinyatakan sangat praktis oleh guru dan siswa dengan nilai rata-rata masing-masing sebesar 97,56 dan 96,36. (4) e-modul dinyatakan efektif mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata posttest sebesar 74,86 kategori baik, serta gain score rata-rata secara keseluruhan yaitu 0,55 dengan kualifikasi sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa e-modul IPA berbasis isu-isu sosial sains telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POGIL, e-modul, berpikir kritis, isu-isu sosial sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Komang Edi Suastrawan |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 02:40 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8694 |
Actions (login required)
View Item |