ARIYANI, NI PUTU AYU TINA (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSE SAINS SISWA KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1929041009-COVER.pdf Download (730kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041009-ABSTRAK.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1929041009-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1929041009-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1929041009-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041009-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1929041009-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041009-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Ariyani, Ni Putu Ayu Tina (2021). “Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD” Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd dan Pembimbing II : Prof. Dr. Putu Budi Adnyana, M.Si. Kata kunci: Instrumen, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) unsur-unsur tahapan pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains; 2) validitas empirik instrumen kemampuan berpikir kritis dan internal validitas butir instrumen keterampilan proses sains; 3) reliabilitas instrumen kemampuan berpikir kritis dan instrumen keterampilan proses sains; dan 4) karakteristik instrumen kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dan model pengembangan yang digunakan oleh Djemari Mardapi. Model ini terdiri atas tujuh tahap yang meliputi menyusun spesifikasi tes, menulis soal tes, menelaah soal tes, memperbaiki tes, melakukan uji coba, menganalisis tes, dan menafsirkan tes. Penelitian ini diuji cobakan pada siswa kelas V di SD No. 7 Benoa yang berjumlah 56 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Uji validitas butir kemampuan berpikir kritis 38 soal dalam kategori valid. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,96 tergolong reliabel; 2) Uji internal konsistensi butir keterampilan proses sains 24 Soal dalam kategori valid. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,88 tergolong reliabel.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | NI PUTU AYU TINA ARIYANI |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 07:01 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 07:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8714 |
Actions (login required)
View Item |