Mijaya, Ni Putu Anggi Putri (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPA SMP KELAS VII BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN LEVELS OF INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923071027-COVER.pdf.pdf Download (775kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923071027-ABSTRAK.pdf.pdf Download (376kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (291kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
1923071027-BAB 4 PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071027-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071027-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (375kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923071027-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (5MB) |
Abstract
Mijaya, Ni Putu Anggi Putri (2021), Pengembangan E-modul Pembelajaran IPA SMP Kelas VII Berbasis Model Pembelajaran Levels of Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Tesis, Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. A. A. Istri Agung Rai Sudiatmika, M.Pd.dan Pembimbing II: Dr. I Nyoman Suardana, M.Si. Kata-kata kunci: e-modul, Levels of Inquiry, literasi sains Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-modul pembelajaran IPA berbasis model pembelajaran Levels of Inquiry yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Dick dan Carey, meliputi 1) analisis (analyze), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation) dan 5) evaluasi (evaluate). Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pemberian angket validasi, angket kepraktisan dan tes literasi sains berjenis tes uraian. Adapun rancangan penelitian untuk uji keefektivan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Data hasil penelitian di analisis dengan analisis validasi Gregory, N-gain score ternormalisasi dan analisis skor rata-rata. Hasil uji kevalidan menunjukkan bahwa (1) validitas materi e-modul dengan kualifikasi sangat baik (KVG=0,89), (2) validitas media e-modul dengan kualifikasi sangat valid (x ̅=96,75), dan (3) validitas bahasa e-modul dengan kualifikasi sangat valid (x ̅=97,45). Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa (1) e-modul sangat praktis dari praktisi guru (x ̅=91,83) dan (2) e-modul sangat praktis dari praktisi siswa (x ̅=91,53). Hasil uji keefektivan menunjukkan bahwa (1) peningkatan literasi sains siswa memperoleh kriteria sedang (<g>=0,52). Adapun hasil indikator literasi sains siswa yaitu (1) menjelaskan fenomena ilmiah (<g>= 0,55), (2) mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah (<g>=0,53), (3) menginterpretasikan data dan bukti secara ilmiah sebesar (<g>=76,56). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) e-modul memiliki karakteristik sesuai dengan model pembelajaran Levels of Inquiry, (2) e-modul telah memperoleh penilaian yang valid, (3) e-modul telah memperoleh penilaian yang praktis, dan (4) e-modul efektif meningkatkan literasi sains siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, Levels of Inquiry, literasi sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Anggi Putri Mijaya |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 07:35 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8764 |
Actions (login required)
View Item |