Sumandya, I Wayan (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL STATISTIKA BERBASIS VOKASI TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMK. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1839011007-Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1839011007-Abstrak.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1839011007-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (307kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1839011007-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1839011007-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1839011007-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1839011007-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1839011007-Daftar Pustaka.pdf Download (285kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1839011007-Lampiran.pdf Download (851kB) |
Abstract
Matematika mampu melatih siswa berpikir secara logis, rasional dan kritis yang sangat berguna dalam pemecahan masalah. Akan tetapi sebagian siswa SMK menganggap matematika tidak mempunyai kaitan dengan vokasi yang mereka tekuni sehingga minat mereka terhadap pelajaran matematika sangat rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul statistika berbasis vokasi terintegrasi pendidikan karakater yang memenuhi persyaratan validitas, kegunaan, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Implementasi dilaksanakan pada siswa kelas XII SMK Wira Harapan. Kevalidan materi e-modul dinilai oleh tiga orang ahli materi dan tiga orang ahli media menggunakan lembar evaluasi dan diuji dengan tabulasi silang Gregory. Hasil evaluasi yang diperoleh menunjukkan bahwa e-modul memenuhi syarat validitas. Aspek kegunaan dievaluasi dengan memberikan angket kepada siswa dan guru serta lembar observasi. Hasil uji kegunaan menunjukkan e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteri baik, baik dari siswa, guru maupun observasi. Skor rata-rata nilai kegunaan oleh siswa sebesar 0,92 berada pada kriteria sangat baik, skor rata-rata nilai kegunaan oleh guru sebesar 0,91 berada pada kriteria sangat baik dan skor rata-rata nilai kegunaan berdasarkan observasi sebesar 0.90 berada pada kriteria sangat baik. Keefektifan e-modul dievaluasi dengan memberikan tes hasil belajar kepada siswa dan dianalisis berdasarkan nilai ketuntasan klasikal sedangkan nilai karakter gotong royong dievaluasi berdasarkan observasi. Nilai ketuntasan klasikal diperoleh 95% dan didukung oleh data kualitatif yaitu: secara keseluruhan siswa mampu mengerjakan soal dengan baik serta siswa saling membantu dalam memecahkan masalah diskusi, sehingga e-modul yang diimplementasikan dikategorikan efektif. Keunggulan e-modul yang dikembangkan ada pada gambar, contoh soal dan bahan diskusi sesuai dengan vokasi praktek siswa SMK yang dapat digunakan siswa untuk belajar mandiri maupun kelompok, baik dalam jaringan maupun luar jaringan. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa, e-modul statistika berbasis vokasi terintegrasi pendidikan karakter yang dikembangkan sudah memenuhi unsur validitas, kegunaan, dan keefektifan dan dapat digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Vokasi, Pendidikan Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | I Wayan Sumandya |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 07:08 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 07:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8766 |
Actions (login required)
View Item |