Sari, I Gusti Ayu Indah Puspita (2021) PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK BERBANTUAN MIND MAPPING PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713071044-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713071044-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (65kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713071044-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan karakteristik buku ajar elektronik berbantuan mind mapping pada materi zat aditif dan zat adiktif, (2) menganalisis kevalidan buku elektornik, (3)menganalisis tingkat kepraktisan dan (4) menganalisis tingkat keterbacaan buku elektronik. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan tahun 1974, tahap 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Namun pada penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Subjek pada penelitian ini adalah dua orang dosen ahli dari jurusan fisika dan pengajaran IPA, 5 orang guru IPA kelas VIII dan 10 peserta didik kelas VIII. Data hasil penelitian meliputi, karakteristik buku elektronik, validitas, kepraktisan dan tingkat keterbacaan yang diperoleh dengan teknik wawancara dan penyebarkan angket kepada subjek penelitian. Buku elektronik ini memiliki karakteristik berbantuan mind mapping yang diawali dengan gambar mind mapping yang disertakan keterkaitan antara mind mapping dengan materi untuk memberikan gambaran awal bagi peserta didik. Penyajian materi diawali dengan pendahuluan (apersepsi) yang sesuai dengan kehidupan sehari-sehari. Terdapat uraian materi dan gambar secara lebih dalam setelah alur pendahuluan untuk lebih memperjelas materi atau maksud dari apersepsi tersebut. Buku elektronik berbantuan mind mapping pada materi zat aditif dan zat adiktif dilengkapi dengan uji coba sederhana dan video pembelajaran yang relevan dengan materi, serta di akhir buku elektronik ini terdapat uji kompetensi. Hasil uji validitas mendapatkan skor 1 dengan kriteria sangat valid, uji kepaktisan mendapatkan skor 4,2 dengan kriteria sangat praktis dan uji keterbacaan mendapatkan skor 4,4 dengan kriteria sangat jelas/terbaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Elektronik, Mind Mapping, model 4D |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | I GUSTI AYU INDAH PUSPITA SARI |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 09:37 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 09:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9051 |
Actions (login required)
View Item |