Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Karawitan Kelas X Jurusan Seni Karawitan Di SMK N 1 Sukasada

humadini, Putu Ayu Trysha (2021) Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Karawitan Kelas X Jurusan Seni Karawitan Di SMK N 1 Sukasada. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1715051038-COVER.pdf

Download (474kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051038-ABSTRAK.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1715051038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051038-BAB 2 KAJIAN TEORI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051038-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051038-DAFTAR PUSATAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051038-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan konten pembelajaran interaktif di kelas X SMK N 1 Sukasada. Platform yang digunakan dalam membuat konten ini adalah articulate storyline 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian MDLC (Multimedia Development,Life Cycle). Penelitian ini dilakukan di kelas X jurusan seni karawitan dengan jumlah siswa 22 orang dan seorang guru mata pelajaran pengetahuan karawitan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan kuisioner. Hasil dari penelitian ini dibuktikan dengan kevalidan konten pembelajaran interaktif dari hasil perhitungan yang dilakukan oleh uji ahli isi dan ahli media pembelajaran dengan perolehan rata – rata skor 1,00 dan berada pada kriteria sangat valid. Hasil dari uji efektivitas konten pembelajaran interaktif ini memperoleh nilai N-Gain yaitu 0,85 dengan kriteria efektif dan hasil rata – rata uji respons guru sebesar 45 dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Pembelajaran,Blended Learning, Karawitan, MDLC
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Putu Ayu Trysha Humadini
Date Deposited: 22 Oct 2021 03:36
Last Modified: 22 Oct 2021 03:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9242

Available Versions of this Item

  • Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Karawitan Kelas X Jurusan Seni Karawitan Di SMK N 1 Sukasada. (deposited 22 Oct 2021 03:36) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item