Pengembangan Konten Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Antropologi di SMA Negeri 1 Ubud

Alfionita, Kadek Reza (2021) Pengembangan Konten Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Antropologi di SMA Negeri 1 Ubud. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051076-COVER.pdf

Download (889kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051076-ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051076-BAB 1 PENDAHULUAN .pdf

Download (367kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI)
1715051076-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1715051076-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051076-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
1715051076-BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051076-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051076-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan konten interaktif pada mata pelajaran Antropologi serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap Pengembangan Konten Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Antropologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Melalui penelitian ini dapat memudahkan guru dalam memfasilitasi kebutuhan dalam kegiatan belajar mengajar, dan mampu meningkatkan minat belajar dan pemahaman peserta didik dalam belajar. Penelitian dilaksanakan di kelas XI Peminatan Bahasa SMA Negeri 1 Ubud pada 36 peserta didik dan seorang guru pengampu mata pelajaran Antropologi. Pada penelitian ini menggunakan instrument penelitian berupa angket. Hasil penelitian untuk uji kevalidan konten interaktif berasal dari hasil perhitungan validasi ahli yakni ahli isi, ahli desain dan media pembelajaran dan memperoleh nilai rata-rata 1,00 yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Untuk hasil uji efektivitas menggunakan rumus N-Gain yang memperoleh nilai sebesar 0,72 yang termasuk dalam kriteria efektif. Serta hasil uji respon peserta didik terhadap pengembangan konten interaktif ini mendapatkan nilai rata – rata sebesar 67,5 yang masuk dalam kategori sangat valid, dan respon guru dengan nilai rata – rata 49 yang masuk dalam kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Interaktif, Articulate Storyline, Antropologi, Discovery Learning
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: KADEK REZA ALFIONITA
Date Deposited: 21 Oct 2021 23:33
Last Modified: 21 Oct 2021 23:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9243

Actions (login required)

View Item View Item