Juniari, Ni Ketut (2022) The Program of Implementing Blended Character Education Program at North Bali Bilingual School (NBBS) Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512021115-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512021115-ABSTRAK.pdf Download (455kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021115-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (492kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021115-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1512021115-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021115-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021115-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021115-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (504kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512021115-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menyelidiki pelaksanaan program pendidikan karakter secara blended di North Bali Bilingual School (NBBS) Singaraja yang meliputi penyelidikan terhadap pelaksanaan program -program pendidikan karakter dan pandangan guru terhadap pelaksanaan program pendidikan karakter. Program pendidikan karakter dalam penelitian ini fokus pada lima nilai utama pendidikan karakter dalam program penguatan pendidikan karakter (PPK) kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan model penelitian embedded mix methods. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan dua guru bahasa Inggris. Data dikumpulkan melalui analysis dokumen, wawancara dan kuesioner. Pendeketan kualitative dan kuantitative digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Program pendidikan karakter di NBBS Singaraja sangat kaya dan diterapkan melalui beragam program/kegiatan diantaranya: (a). Berdoa sebelum kelas dimulai dan merayakan hari raya besar diterapkan untuk menanamkan karakter religious. (b) House reading, kegiatan berbasis project, dan pembelajaran berbasis Online diterapkan untuk membangun karakter integritas. (c) karakter kemandirian diterapkan dengan menggunakan paket materi pembelajaran mingguan. (d) Beberapa program lain juga diterapkan untuk menanamkan karakter nasionalis yaitu upacara bendera dan pembuatan poster, sementara (e) hari bumi, pekan buku anak, pentas seni, dan memiliki banyak pengunjung atau relawan dari berbagai negara datang ke sekolah adalah program penerapan karakter kerjasama. (2). Pandangan guru mengenai pelaksanaan program pendidikan karakter sangat positif, mereka percaya bahwa program pendidikan karakter mampu membangun dan meningkatkan sikap positif siswa, literasi Bahasa Inggris siswa, serta prestasi mereka baik secara akademik maupun non-akademik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, blended program, persepsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Juniari |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 09:31 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 09:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9666 |
Actions (login required)
View Item |