Hatimah, Ihwanul (2022) BANGUNAN BERSEJARAH DI AMPENAN, KOTA MATARAM, SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1614021015-COVER 123.pdf Download (420kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1614021015-ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1614021015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1614021015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1614021015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1614021015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1614021015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1614021015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1614021015-LAMPIRAN.pdf Download (598kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana latar belakang sejarah pelabuhan Ampenan (2) bangunan-bangunan bersejarah apa yang ada di Kota Ampenan, (3) apakah bangunan bersejarah di Kota Ampenan dapat digunakan sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah melalui beberapa langkah yakni : (1) Heuristik ( teknik penentuan informan, observasi, studi dokumen, dan wawancara), (2) kritik sumber (internal dan eksternal), (3) Interpretasi, (4) Historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) latar belakang sejarah pelabuhan Ampenan di latar belakangi oleh perkembangan jalur pedagangan dari malaka, pulau Jawa menuju kawasan Indonesia Timur sekarang. Lombok sebagai pengahasil beras. Lombok dengan Pelabuhan Ampenan muncul sebagai pelabuhan yang ramai sejak ekspansi kerajaan Karangasem dan semakin berkembang ketika Belanda tahun 1924 menjadikan Ampenan sebagi pelabuhan transito menuju kawasan timur Hindia Belanda. (2) semakin ramainya pelabuhan Ampenan menuntut inspratruktur sarana dan prasarana pelabuhan yang masih ditemukan hingga saaat ini merupa bangunan- bangunan bersejarah. Di antaranya gudang yang sekarang sudah berubah menjadi rumah ruko. (3) adapun aspek-aspek yang dapat dikembangkan untuk dijadikan sumber belajar, yaitu: (1) Aspek sejarah dalam bentuk sejarah tematik dengan pendekatan pembelajaran diluar kelas dan menjadikan pembelajaran sejarah bisa dilakukan diluar kelas dan bersifat kontekstual. (2) dari aspek sosial budaya adanya masyarakat multikultur disekitar pelabuhan Ampenan menjadikan komunitas ini menarik untuk dijadikan sumber belajar (3) dari aspek politik dan pertahanan Lombok dengan selat Lombok Balinya menjadi salah satu titik yang stratigis bagi pemerintah kolonial dan juga Indonesia terbukti dari penempatan Gp King dan Mads Lange.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bangunan Kota Tua Ampenan, Sumber Belajar Sejarah |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) > D051 Ancient History D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | IHWANUL HATIMAH |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 14:54 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 14:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9875 |
Actions (login required)
View Item |