Hermayuni, Ni Made Tri Dhana (2022) Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1829041005-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041005-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (413kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (996kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041005-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa SD kelas IV di Gugus II Kecamatan Selemadeg Timur. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen bertujuan untuk menguji pengaruh variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah factorial design (rancangan faktorial) 2x2 dan desain penelitian Post-test only control group design. Penelitian ini menggunakan rancangan analisis varians dua jalur dengan faktor pemilah sebagai variabel moderator, yaitu kemampuan berpikir kritis. Pemilah dibagi menjadi dua kelompok siswa, yaitu siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dan siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah. Pemilahan dilakukan bersifat semu, artinya antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah tidak dipisahkan secara nyata. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Di Gugus II Kematan Selemadeg Timur yang berjumlah 157 siswa. Berdasarkan hasil ANAVA dua jalur terkait dengan hipotesis diperoleh harga Fhitung= 1025.620, df = 1, dan sig = 0,000 yang berarti signifikansi <0,05 Selanjutnya dilakukan uji tukey yang menginduksi bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger dengan keterampilan berpikir kritis siswa yang tinggi memiliki nilai yang lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan saintifik, pembelajaran treffinger, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Made Tri Dhana Hermayuni |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 02:30 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 02:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9886 |
Actions (login required)
View Item |