PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA SUMBER ENERGI KELAS IV SD

Utami, Ketut Lina Sri (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA SUMBER ENERGI KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041041-COVER.pdf

Download (322kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041041-ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041041-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041041-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041041-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041041-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041041-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041041-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041041-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan bangun E-LKPD berbasis liveworksheet dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritris pada pembelajaran IPA tema Sumber Energi kelas IV SD serta teruji validitas, kepraktisan dan efektifitasnya. Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 fase, yaitu analyze, design, developmen, implementation dan evaluation. Validasi dilakukan oleh dua dosen ahli, 3 guru kelas IV dan 60 siswa kelas IV untuk uji coba lapangan. Data dikumpulkan dengan metode kuisioner dan tes. Jenis kuesioner yaitu kuesioner validitas dan kuesioner kepraktisan. Instrumen tes yang digunakan berupa tes objektif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis validitas dan realibilitas instrument, analisis kepraktisan E-LKPD dan analisis efektifitasE-LKPD. Hasil penelitian pada instrumen pertama yaitu pengembangan E-LKPD dengan instrumen sebanyak 20 butir soal yang valid. Selanjutnya dilakukan analisis uji validitas isi untuk instrumen kemampuan berpikir kritis IPA pada 60 siswa kelas IV SD. Uji reliabilitas berada pada r = 0,876 (tinggi). Kepraktisan E-LKPD menunjukan hasil yang praktis dan efektif. Efektivitas E-LKPD dilakukan 60 siswa menggunakan desain penelitian pretest dan posttest. Uji t –test 60 siswa kelas IVA dan IVB menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan kelas IVA sebesar 27,50 dan IVB sebesar 16,17 dengan rata-rata nilai sesudah perlakuan. Sebagai pembanding pretest dan posttest menggunakan KKM sekolah untuk mata pelajaran IPA yaitu 65.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis; E-LKPD; IPA; Liveworksheet
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ketut Lina Sri Utami
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:34
Last Modified: 18 Feb 2022 03:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9972

Actions (login required)

View Item View Item