Dari, Ririn Tri Ulan (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK SISWA KELAS X DI SMA KARYA PEMBANGUNAN DELITUA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711021008-COVER.pdf Download (414kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711021008-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1711021008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1711021008-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1711021008-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021008-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1711021008-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711021008-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun modul elektronik (E-modul), dan untuk mendeskripsikan validitas modul elektronik (E-modul) berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X, menurut para ahli dan, uji coba produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunaan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian (1) rancang bangun modul elektronik (E-modul) berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) Pengembangan modul elektronik (E-modul) berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dinyatakan valid melalui : (a) hasil Review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (100%), (b) hasil Review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (92,5%), (c) hasil Review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91,6%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (95%), dan (e) hasil uji coba kolompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (93%). Secara umum hasil penelitian menunjukan modul elektronik (E-modul) berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu agar modul elektronik (E-modul) ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempermudah dalam memahami materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, discovery learning, pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Ririn Tri Ulan Dari |
Date Deposited: | 20 Feb 2022 23:16 |
Last Modified: | 20 Feb 2022 23:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10011 |
Actions (login required)
View Item |