PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK SISWA KELAS X DI SMA KARYA PEMBANGUNAN DELITUA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Dari, Ririn Tri Ulan (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK SISWA KELAS X DI SMA KARYA PEMBANGUNAN DELITUA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711021008-COVER.pdf

Download (414kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711021008-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1711021008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1711021008-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1711021008-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021008-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1711021008-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711021008-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun modul elektronik (E-modul), dan untuk mendeskripsikan validitas modul elektronik (E-modul) berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X, menurut para ahli dan, uji coba produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunaan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian (1) rancang bangun modul elektronik (E-modul) berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) Pengembangan modul elektronik (E-modul) berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dinyatakan valid melalui : (a) hasil Review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (100%), (b) hasil Review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (92,5%), (c) hasil Review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91,6%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (95%), dan (e) hasil uji coba kolompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (93%). Secara umum hasil penelitian menunjukan modul elektronik (E-modul) berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu agar modul elektronik (E-modul) ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempermudah dalam memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-modul, discovery learning, pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Ririn Tri Ulan Dari
Date Deposited: 20 Feb 2022 23:16
Last Modified: 20 Feb 2022 23:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10011

Actions (login required)

View Item View Item