HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI DI KOTA SINGARAJA

Ariyantini, Ni Luh Putu Mei (2022) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI DI KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713021004-COVER.pdf

Download (626kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713021004-ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713021004-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang masalah masih rendahnya prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Singaraja. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan hubungan antara regulasi diri dengan prestasi belajar fisika siswa; 2) mendeskripsikan hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika siswa, dan 3) mendeskripsikan hubungan antara regulasi diri dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika siswa. Metode yang digunakan yaitu korelasional dengan desain ex-post facto. Seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Singaraja yang berjumlah 267 siswa menjadi populasi penelitian ini. Jumlah sampel 185 siswa, diambil dengan teknik proportional random sampling. Data regulasi diri dan motivasi berprestasi diambil menggunakan kuesioner, sedangkan data prestasi belajar fisika menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda yang dirangkum kedalam uji hipotesis, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan regulasi diri siswa berada pada kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 145,72 dan standar deviasi 14,82 motivasi berprestasi siswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 122,40 dan standar deviasi 13,41 dan prestasi belajar fisika berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 58,70 dan standar deviasi 14,43. Simpulan penelitian ini yaitu yang pertama terdapat hubungan positif antara regulasi diri dengan prestasi belajar fisika siswa dengan sumbangan efektif sebesar 1,75%, kedua terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika siswa dengan sumbangan efektif sebesar 20,40%, dan yang ketiga terdapat hubungan positif secara bersama-sama antara regulasi diri dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika siswa dengan sumbangan efektif sebesar 22,20%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: regulasi diri, motivasi berprestasi, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Mei Ariyantini
Date Deposited: 22 Feb 2022 01:19
Last Modified: 22 Feb 2022 01:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10039

Actions (login required)

View Item View Item