Ligaullah, Umrah (2022) Penanaman Nilai Sila Ketiga Pancasila Sebagai Pembentuk Karakter Siswa Di Tengah Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Abul Abbas Desa Tegalinggah Kec. Sukasada. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1714041003-COVER.pdf Download (670kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714041003-ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714041003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (429kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714041003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (890kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714041003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714041003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 KESIMPULAN)
1714041003-BAB 5 KESIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714041003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714041003-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pendapat guru dan siswa berkenaan dengan pentingnya “Penanaman nilai sila ketiga Pancasila”sebagai pembentuk karakter siswa di masa pandemi covid-19 di Mts Abul Abbas Desa Tegalinggah, (2) Bagaimana pendapat guru dan siswa tentang nilai-nilai sila ketiga Pancasila yang penting ditanamakan sebagai pembentuk karakter siswa di Mts Abul Abbas dimasa pandemi covid-19, (3) strategi yang perlu dikembangkan dan dilaksanakan untuk penanaman nilai-nilai sila ketiga Pancasila sebagai pembentuk karakter siswa di MTs Abul Abbas di tengah masa pandemi covid-19. Metode penelitian termasuk metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi pada Guru PPKn, Waka kesiswaan dan siswa MTs Abul Abbas. Data di analisis dengan deskrips kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pentingnya penanaman nilai sila ketiga Pancasila dimasa pandemi sebagai penanaman karakter (2) tentang nilai-nilai sila ketiga Pancasila yang penting ditanamakan sebagai pembentuk karakter siswa seperti contohnya mempunyai rasa cinta tanah air dan toleransi (3) Kendala-kendala dalam strategi penanaman sila ketiga Pancasila sebagai pembentuk karakter di masa pandemi yaitu: 1. Lemahnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran di kelas apalagi pada saat pandemi seperti sekarang ini. 2. Kurangnya keahlian Guru dalam mengelola kelas dan mengalami kendala keterbatasan waktu. Kata kunci :Nilai Pancasila, Karakter, Covid-19
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pancasila, Karakter, Covid-19, |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Umrah Ligaullah |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 03:35 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 03:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10110 |
Actions (login required)
View Item |