Pratisia, Putu Ari (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR SELF-ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011094-COVER.pdf Download (530kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011094-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011094-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (349kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011094-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011094-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011094-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011094-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011094-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011094-LAMPIRAN.pdf Download (419kB) |
Abstract
Berdasarkan observasi, kemampuan literasi dan numerasi peserta didik masih berada di bawah rata-rata sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan lembar self assessment untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Denpasar. Lembar self assessment ini dikembangkan berdasarkan 3 tahapan model 4D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Validitas lembar self assessment didasarkan pada penilaian ahli yaitu 2 validator materi dan 2 validator media dan dianalisis dengan indeks aiken. Validasi diperoleh berdasarkan validator media dan materi masing-masing 0,875 dan 0,9, sehingga dapat dikatakan validitas lembar self assessment sangat valid. Kepraktisan dalam penelitian ini ditinjau berdasarkan skor rata-rata angket respon guru dan peserta didik terhadap lembar self assessment. Hasil yang diperoleh untuk rata-rata skor angket peserta didik dan guru adalah 3,504 dan 3,73 yang dapat dikatakan bahwa lembar self assessment sangat praktis. Keefektifan lembar self assessment dilihat dari nilai gain yang diperoleh dari pre-test dan post-test yang dilakukan pada setiap siklusnya. Nilai gain dari siklus pertama sebesar 59% yang berarti ada dalam kategori efektif. Hasil perolehan nilai dari siklus kedua adalah 77% yang berarti ada dalam kategori sangat efektif. Berdasarkan dua siklus yang dilakukan, nilai gain meningkat sebesar 8% dan keefektifan lembar self assessment berada pada kategori sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self assessment, lembar self assessment, kemampuan literasi dan numerasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Putu Ari Pratisia |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 01:28 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 01:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10148 |
Actions (login required)
View Item |