Farid, Ayyul (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LKPD BERBASIS COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MODEL ADDIE UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN 1 BANJAR BALI TAHUN PELAJARAN 202/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511021005-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511021005-ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511021005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (473kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511021005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511021005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511021005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511021005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511021005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511021005-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar LKPD berbasis cooperative learning tipe two stay two stray yang dapat meningkatkan hasil belajar; (2) mengetahui hasil validitas bahan ajar LKPD berbasis cooperative learning tipe two stay two stray yang dapat meningkatkan hasil belajar menurut review para ahli dan uji coba produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu: 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 3 siswa untuk uji perorangan, dan 8 siswa untuk uji kelompok kecil. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian (1) Proses pengembangan bahan ajar LKPD berbasis cooperative learning tipe two stay two stray ini terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) Bahan ajar LKPD ini nyatakan valid dengan: (a) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan predikat baik (88%). (b) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan predikat baik (87%). (c) hasil review ahli isi pembelajaran menunjukkan predikat sangat baik (100%). (d) hasil review dari uji perorangan menunjukkan bahwa bahan ajar LKPD ini mendapatkan predikat sangat baik (97,6%). (e) hasil review dari uji kelompok kecil menunjukkan predikat sangat baik (97,5%). Berdasarkan hasil uji ahli dan uji coba perorangan dan kelompok kecil diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar LKPD berbasis coopertaive learning tipe two stay two stray layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, cooperative learning, LKPD, ADDIE. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Ayyul Farid |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 06:37 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 06:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10207 |
Actions (login required)
View Item |