Hidayanti, Devita (2022) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713021032-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713021032-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713021032-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Rendahnya prestasi belajar fisika siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kedisiplinan dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan hubungan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar fisika, 2) mendeskripsikan hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar fisika, 3) mendeskripsikan hubungan antara kedisiplinan dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain ex-post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Singaraja yang berjumlah 199 orang yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Pengambilan data kedisiplinan dan motivasi belajar menggunakan kuesioner, sedangkan data prestasi belajar fisika menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis data terdiri dari lima tahap yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier satu prediktor, uji regresi ganda dua prediktor, uji korelasi, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kedisiplinan berada pada kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 107,40 dan standar deviasi 8,379 motivasi belajar berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 102,76 dan standar deviasi 12,121 dan prestasi belajar fisika berada kategori sedang dengan skor rata-rata 60,98 dan standar deviasi 16,701. Simpulan dari penelitian ini yaitu yang pertama terdapat hubungan positif antara kedisiplinan dengan prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 2,80%, kedua terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dan prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 2,10%, dan ketiga terdapat hubungan positif antara kedisiplinan dan motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 4,90%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kedisiplinan, motivasi belajar, prestasi belajar fisika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | DEVITA HIDAYANTI |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 03:04 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 03:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10306 |
Actions (login required)
View Item |