Arifin, Zainul (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 BANJAR BALI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711021017-COVER.pdf Download (943kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711021017-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711021017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (345kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711021017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711021017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711021017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711021017-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA. (2) mengetahui hasil validitas multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA menurut para ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan uji coba produk. Penelitian pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji perorangan, dan 9 siswa untuk uji kelompok kecil. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian (1) Proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) Multimedia pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan predikat sangat baik (98,46%). (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan predikat sangat baik (92%) (c) hasil review dari ahli media pembelajaran menunjukkan predikat sangat baik (92,72%). (d) hasil review dari uji perorangan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini mendapatkan predikat sangat baik yaitu (95%). (e) hasil review dari uji kelompok kecil menunjukkan predikat sangat baik (95,17%). Berdasarkan hasil uji ahli dan uji produk diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis model pembelajaran problem based learning (PBL) layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia pembelajaran interaktif, ADDIE, PBL. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | ZAINUL ARIFIN |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 02:46 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 02:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10316 |
Actions (login required)
View Item |