Wirasanti, Ayu Novita Teja (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SELAMA PEMBELAJARAN DARING BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MENGWI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1413011047-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1413011047-ABSTRAK.pdf Download (456kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (470kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (458kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413011047-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetehui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bangun datar segi empat pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mengwi tahun pelajaran 2020/2021. Prosedur analisis kesalahan siswa yang digunakan adalah prosedur Newman, yaitu: 1) kesalahan membaca; 2) kesalahan memahami soal; 3) kesalahan transformasi; 4) kesalahan proses perhitungan; 5) kesalahan penulisan jawaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan model analisis kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes, wawancara dengan 34 subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada setiap item soal dengan berbagai jenis kesalahan yaitu kesalahan membaca sebanyak 14 kali, kesalahan pemahaman sebanyak 90 kali, kesalahan transformasi sebanyak 21 kali, kesalahan proses perhitungan sebanyak 44 kali, dan kesalahan penulisan jawaban sebanyak 8 kali. Ada 3 faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan, yaitu: 1) kesulitan memahami masalah; 2) tidak memahami konsep; 3) dan karena lupa serta tidak teliti. Dapat dilihat dari hasil analisis yang menggunakan prosedur newman, terlihat sebagian besar nilai siswa rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa di SMP Negeri 2 Mengwi dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun datar segi empat masih rendah. Kata kunci: kesalahan siswa, prosedur newman, soal cerita matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: kesalahan siswa, prosedur newman, soal cerita matematika. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1) |
Depositing User: | Ayu Novita Teja Wirasanti |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 05:43 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 05:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10373 |
Actions (login required)
View Item |