Evaluasi Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Singaraja

Sholihah, Nuris (2022) Evaluasi Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1413031029-COVER.pdf

Download (904kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1413031029-ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413031029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (145kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413031029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413031029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413031029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1413031029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413031029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1413031029-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran kimia yang meliputi tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan penilaian. Subjek penelitian ini adalah guru kimia kelas X dan XI. Metode penelitian adalah evaluatif menggunakan model Stake dengan metode deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara studi dokumen, observasi, dan wawancara. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan informasi yang berupa data penerapan penggunaan pendekatan saintifik pada pembelajaran kimia yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan penilaian. Data dibandingkan dengan standar dari Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik pembelajaran kimia pada tahap perencanaan di kelas X rata-rata 80,80% berkategori baik dan di kelas XI rata-rata 81,41% berkategori baik. Tahap pelaksanaan pembelajaran di kelas X rata-rata 78,60% berkategori baik dan di kelas XI rata-rata 79,16% berkategori baik. Tahap pelaksanaan penilaian di kelas X rata-rata 76,40% berkategori baik dan di kelas XI rata-rata 75,92% berkategori baik. Penerapan pendekatan saintifik di SMAN 2 Singaraja sudah dilakukan dengan optimal sesuai dengan standar Kemendikbud. Langkah-langkah pembelajaran telah menerapkan pendekatan saintifik. Namun, pelaksanaan penilaian masih belum optimal karena keterbatasan waktu, sumber belajar, dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kurikulum 2013, pembelajaran kimia, pendekatan saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Kimia (S1)
Depositing User: NURIS SHOLIHAH
Date Deposited: 23 Feb 2022 05:59
Last Modified: 23 Feb 2022 05:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10382

Actions (login required)

View Item View Item