Lidia, wati (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF BEBANDEM TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1413011066-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1413011066-ABSTRAK.pdf Download (467kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (497kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011066-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011066-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011066-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (455kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413011066-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah materi bangun ruang sisi datar serta memberikan solusi yang dapat ditawarkan untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif semester genap tahun ajaran 2020/2021. Pedoman analisis kesalahan siswa yang digunakan adalah berdasarkan tahapan Kastolan, yakni: 1) kesalahan konseptual; 2) kesalahan prosedural; 3) kesalahan teknikal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah soal tes dan wawancara dengan kelas VIII yang siswanya berjumlah 26 orang. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan-kesalahan berdasarkan tahapan Kastolan, yaitu: 1) kesalahan konseptual yakni 34,61%; 2) kesalahan prosedural yakni 37,69%; 3) kesalahan teknikal yakni 8,46%. Ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan, diantaranya: 1) kesalahan konseptual: kurang teliti dan terburu-buru saat mengerjakan soal, malu bertanya saat pembelajaran di kelas, bingung menentukan rumus yang harus digunakan karena siswa cendrung menghafal rumus, melupakan materi prasyarat; 2) kesalahan prosedural: lupa menuliskan apa yang diketahui dan ditanya serta simpulan jawabannya, terburu-buru dalam mengerjakan soal, asal-asalan dalam menulis jawaban, bingung dengan permasalahan yang diberikan pada soal; 3) kesalahan teknikal: lupa menuliskan satuan pada hasil akhir jawaban, kurang cermat saat membaca soal, kurang teliti dalam melakukan perhitungan. Adapun solusi yang dapat ditawarkan untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan siswa adalah dengan menerapkan metode pembelajaran scaffolding. Kata kunci: kesalahan siswa, tahapan Kastolan, soal pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: kesalahan siswa, tahapan kastolan, soal pemecahan masalah |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1) |
Depositing User: | LIDIAWATI |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 06:51 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 06:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10412 |
Actions (login required)
View Item |