Somenada, I Wayan (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLAVOLI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1829121004-COVER)
1829121004-Cover.pdf Download (330kB) |
|
Text (1829121004-ABSTRAK)
1829121004-Abstrak.pdf Download (33kB) |
|
Text (1829121004-BAB 1 PENDAHULUAN)
1829121004-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (148kB) |
|
Text (1829121004-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829121004-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (1829121004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829121004-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (1829121004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829121004-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (1829121004-BAB 5 PENUTUP)
1829121004-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) | Request a copy |
|
Text (1829121004-DAFTAR PUSTAKA)
1829121004-Daftar Pustaka.pdf Download (192kB) |
|
Text (1829121004-LAMPIRAN)
1829121004-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar passing bolavoli ditinjau dari motivasi berprestasi pada peserta didik kelas V di SDN 3 Banjar Jawa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi exsperimental yang dilaksanakan dengan menggunakan desain faktorial 2 x 2 dengan menerapkan treatment by level. Subjek penelitian ini adalah 64 orang peserta didik yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, dan selanjutnya dibagi menjadi 2 (dua) kelompok (model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran langsung), dan ditinjau berdasarkan tingkat motivasi berprestasi (tinggi dan rendah). Hasil belajar dibandingkan nilai pretest dan post-test, dan selanjutnya dilakukan uji ANAVA. Hasil analisis didapatkan bahwa: 1) Hasil belajar passing bolavoli peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada yang mengikuti model pembelajaran langsung (Fhitung = 9,405 > Ftabel = 4,171, Ho ditolak); 2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar passing bolavoli (Fhitung = 48,351 > Ftabel = 3,998, sehingga H0 ditolak); 3) Pada peserta didik dengan motivasi berprestasi tinggi, peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar passing bolavoli yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada yang mengikuti model pembelajaran langsung (thitung = 8,143 > ttabel (30) = 1,697, H0 ditolak); dan 4) Pada peserta didik dengan motivasi berprestasi rendah, hasil belajar passing bolavoli yang mengikuti model pembelajaran langsung lebih baik daripada yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD (thitung = 2,436 > ttabel(28) = 1,701, H0 ditolak). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti dapat meningkatkan hasil belajar passing bolavoli peserta didik kelas V di SDN 3 Banjar Jawa, jika dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran langsung. Motivasi berprestasi terbukti dapat mempengaruhi hasil belajar passing bolavoli disamping menerapkan model pembelajaran. Dalam meningkatkan hasil belajar passing bolavoli, penerapan model pembelajaran harus memperhatikan motivasi berprestasi peserta didik. Guru diharapkan dapat lebih inovatif menyusun dan menerapkan model pembelajaran sehingga dapat menimbulkan motivasi yang tinggi selama proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Passing Bolavoli, Motivasi Berprestasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2) |
Depositing User: | I Wayan Somenada,S.Pd |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 04:00 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 04:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10436 |
Actions (login required)
View Item |