Setiawan, Ketut Budi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION STAD BERBANTUAN PLATFORM ZOOM MEETING TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 3 TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1416011051-COVER.pdf Download (851kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1416011051-ABSTRAK.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1416011051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (119kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1416011051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1416011051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1416011051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUPAN)
1416011051-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1416011051-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1416011051-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the non randomized control group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Tejakula Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 48 peserta didik. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan Uji-t dengan SPSS 16.0 for Windows. Eksperimen dilakukan sebanyak 2 kali perlakuan di luar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Pada kelompok eksperimen nilai pretest didapatkan rata-rata nilai 66,48 sedangkan kelompok kontrol 64,0. Hasil nilai posttest pada kelompok eksperimen didapatkan nilai rata-rata 82,76. Sedangkan Kelompok kontrol didapatkan nilai rata-rata 78,18. Rata-rata gain score normalisasi yang didapatkan pada masing-masing kelompok adalah pada kelompok eksperimen sebesar 0,5 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,4. Angka signifikansi yang diperoleh sebesar sig 0,001<0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik yang di berikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih meningkat di bandingkan dengan kelompok kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Tejakula.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, kooperatif tipe STAD, hasil belajar, teknik dasar, dan passing bola voli. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | KETUT BUDI SETIAWAN |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 08:22 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 08:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10457 |
Actions (login required)
View Item |