Kresnadi, Ketut Agus (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031178-COVER.pdf Download (863kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031178-ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031178-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (358kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031178-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031178-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031178-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031178-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031178-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031178-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian pengembangan ini adalah: (1) menguraikan proses pengembangan video pembelajaran perubahan wujud benda untuk pembelajaran IPA model ADDIE dan (2) menguji validitas dari video pembelajaran perubahan wujud benda IPA yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran perubahan wujud benda berhasil dikembangkan mengikuti Model ADDIE yang mencakup lima langkah, yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Hasil validasi terhadap produk video pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan bahwa, (1) skor validitas materi di video pembelajaran sebesar 87% berkualifikasi sangat valid, (2) skor validitas media video pembelajaran sebesar 84,5% berkualifikasi sangat valid, dan (3) skor validitas video pembelajaran oleh para praktisi sebesar 88,1% berkualifikasi sangat valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran perubahan wujud benda sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Penelitian Pengembangan, Model ADDIE. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I KETUT AGUS KRESNADI |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 00:42 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 00:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10467 |
Actions (login required)
View Item |