Pengaruh Adaptive E-Learning terhadap Prestasi Belajar dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X di SMK

Kemenuh, Ida Ayu Ratnasari (2022) Pengaruh Adaptive E-Learning terhadap Prestasi Belajar dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X di SMK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729071002-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729071002-ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729071002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729071002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729071002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729071002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729071002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729071002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729071002-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar dan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan adaptive e-learning dan konvensional pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar siswa kelas X di SMK. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Denpasar semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 216 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random assignment dengan jumlah siswa 108 orang. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian quasi experimental dengan desain penelitian pretest-posttest non-equivalent control group design. Instrumen dalam penelitian yang digunakan berupa tes prestasi belajar dan pemahaman konsep dengan multiple choice extended respons. Data dianalisis menggunakan Multivariate Analysis of Covariate (Mancova) dengan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar dan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan adaptive e-learning dan konvensional, (2) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa yang belajar dengan adaptive e-learning dan konvensional, (3) terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan adaptive e-learning dan konvensional. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa adaptive e-learning dapat meningkatkan prestasi belajar dan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Adaptive e-learning, konvensional, prestasi belajar, pemahaman konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: Ida Ayu Ratnasari Kemenuh
Date Deposited: 24 Feb 2022 01:32
Last Modified: 24 Feb 2022 01:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10512

Actions (login required)

View Item View Item