Kemenuh, Ida Ayu Ratnasari (2022) Pengaruh Adaptive E-Learning terhadap Prestasi Belajar dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X di SMK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1729071002-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1729071002-ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729071002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729071002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729071002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729071002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1729071002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729071002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1729071002-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar dan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan adaptive e-learning dan konvensional pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar siswa kelas X di SMK. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Denpasar semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 216 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random assignment dengan jumlah siswa 108 orang. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian quasi experimental dengan desain penelitian pretest-posttest non-equivalent control group design. Instrumen dalam penelitian yang digunakan berupa tes prestasi belajar dan pemahaman konsep dengan multiple choice extended respons. Data dianalisis menggunakan Multivariate Analysis of Covariate (Mancova) dengan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar dan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan adaptive e-learning dan konvensional, (2) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa yang belajar dengan adaptive e-learning dan konvensional, (3) terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan adaptive e-learning dan konvensional. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa adaptive e-learning dapat meningkatkan prestasi belajar dan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Adaptive e-learning, konvensional, prestasi belajar, pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Ida Ayu Ratnasari Kemenuh |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 01:32 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 01:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10512 |
Actions (login required)
View Item |