Andini, Ni Putu Mitha (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MUATAN PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD 2 DALUNG BADUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031016-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031016-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (375kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (413kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031016-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik materi sistem pencernaan manusia muatan pelajaran IPA pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, serta 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 84%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 94%, ahli media pembelajaran sebesar 94.56%, uji coba perorangan sebesar 96.42%, uji coba kelompok kecil sebesar 96.63%, dan uji coba lapangan sebesar 93.21% dengan kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik materi sistem pencernaan manusia muatan pelajaran IPA dirancang dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation) dan layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan uji kelayakan. Multimedia interaktif dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Interaktif, Pendekatan Saintifik, IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Mitha Andini |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 04:04 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 04:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10525 |
Actions (login required)
View Item |