Karnitasari, Ni Kadek (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI SUHU DAN KALOR PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V DI SD NO. 1 KEDONGANAN KECAMATAN KUTA TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031094-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031094-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031094-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (391kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031094-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031094-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031094-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031094-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031094-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (394kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031094-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi karena kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran khususnya pada muatan IPA. Selama proses pembelajaran guru hanya memberikan materi sehingga siswa kurang memahami materi yang diberikan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran dan mengetahui kelayakan video pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Video pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, and evaluation). Video pembelajaran materi suhu dan kalor pada muatan IPA siswa kelas V dinyatakan layak berdasarkan hasil uji coba produk dengan subjek uji coba yaitu ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas V sekolah dasar. Hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor sebesar 95,83% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh skor sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penilaian siswa melalui uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 98,48% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penilaian siswa melalui uji coba kelompok kecil memperoleh skor sebesar 97,97% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba produk oleh para ahli dan siswa kelas V, maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran materi suhu dan kalor pada muatan IPA siswa kelas V ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran, Suhu dan Kalor, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Karnitasari |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 01:02 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 01:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10612 |
Actions (login required)
View Item |