PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MUATAN IPA PADA SISWA KELAS V SD NO. 6 BENOA

Dewi, Ni Putu Ari Sukma (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MUATAN IPA PADA SISWA KELAS V SD NO. 6 BENOA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031189-COVER.pdf

Download (427kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031189-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031189-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031189-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031189-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031189-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031189-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031189-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031189-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran E-Comic Interaktif berbasis Problem Based Learning pada siswa kelas V, 2) untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran E-Comic Interaktif berbasis Problem Based Learning pada siswa kelas V Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, angket/kuesioner. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa rancang bangun media pembelajaran E-Comic Interaktif berbasis Problem Based Learning tahap awal dilakukan dengan menganalisis kebutuhan karakteristik siswa dan terdapat hasil akhir dari setiap uji validitas tersebut adalah terhadap ahli isi muatan IPA diperoleh pencapaian hasil persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik, sesuai pernyataan yang telah disebarkan. Ahli desain pembelajaran memperoleh hasil persentase 94% dengan kualifikasi sangat baik. Ahli media pembelajaran memperoleh hasil persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik. Uji coba perorangan secara keseluruhan dicapai sebesar 94,69% dengan kualifikasi sangat baik. Uji coba kelompok kecil secara keseluruhan dicapai sebesar 95,95%Berdasarkan hasil penilaian oleh para ahli dan juga hasil penilaian dari uji perorangan dan uji kelompok kecil, dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran E-Comic interaktif berbasis Problem Based Learning materi sistem pencernaan manusia muatan IPA ini “layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Comic, Problem Based Learning, sistem pencernaan manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Ari Sukma Dewi
Date Deposited: 17 May 2022 01:20
Last Modified: 17 May 2022 01:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10632

Actions (login required)

View Item View Item