Dewi, Ni Putu Ari Sukma (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MUATAN IPA PADA SISWA KELAS V SD NO. 6 BENOA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031189-COVER.pdf Download (427kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031189-ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031189-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031189-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031189-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031189-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031189-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031189-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031189-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran E-Comic Interaktif berbasis Problem Based Learning pada siswa kelas V, 2) untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran E-Comic Interaktif berbasis Problem Based Learning pada siswa kelas V Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, angket/kuesioner. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa rancang bangun media pembelajaran E-Comic Interaktif berbasis Problem Based Learning tahap awal dilakukan dengan menganalisis kebutuhan karakteristik siswa dan terdapat hasil akhir dari setiap uji validitas tersebut adalah terhadap ahli isi muatan IPA diperoleh pencapaian hasil persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik, sesuai pernyataan yang telah disebarkan. Ahli desain pembelajaran memperoleh hasil persentase 94% dengan kualifikasi sangat baik. Ahli media pembelajaran memperoleh hasil persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik. Uji coba perorangan secara keseluruhan dicapai sebesar 94,69% dengan kualifikasi sangat baik. Uji coba kelompok kecil secara keseluruhan dicapai sebesar 95,95%Berdasarkan hasil penilaian oleh para ahli dan juga hasil penilaian dari uji perorangan dan uji kelompok kecil, dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran E-Comic interaktif berbasis Problem Based Learning materi sistem pencernaan manusia muatan IPA ini “layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Comic, Problem Based Learning, sistem pencernaan manusia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ari Sukma Dewi |
Date Deposited: | 17 May 2022 01:20 |
Last Modified: | 17 May 2022 01:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10632 |
Actions (login required)
View Item |