PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA SISWA KELAS V SD NO. 1 KEDONGANAN KABUPATEN BADUNG

Yogi, I Ketut Nandika Dharma (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA SISWA KELAS V SD NO. 1 KEDONGANAN KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031209-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031209-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031209-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (706kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031209-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031209-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031209-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031209-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031209-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031209-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif IPA berbasis Guided Inquiry pada materi perubahan wujud benda untuk siswa kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE sebagai langkah-langkah sistematis dalam proses pengembangan media. Subjek uji coba penelitian adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, guru dan siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa rancang bangun Media Pembelajaran Interaktif IPA berbasis Gudied Inquiry yang dikembangkan melalui lima tahapan model pengembangan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi dengan memperoleh hasil uji kelayakan sebagai berikut. (1) hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase 100% dengan kualifikasi sangat baik; (2) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 95,00% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase 94,11% dengan kualifikasi sangat baik; (4) hasil uji coba perorangan yang dilakukan terhadap tiga orang siswa memperoleh persentase 98,48% dengan kualifikasi sangat baik; (5) hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh sembilan orang siswa memperoleh persentase 96,46% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA berbasis Guided Inquiry layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Guided Inquiry.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Ketut Nandika Dharma Yogi
Date Deposited: 17 May 2022 01:33
Last Modified: 17 May 2022 01:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10640

Actions (login required)

View Item View Item