PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBANTUAN QR CODE PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 KELAS II SEKOLAH DASAR

Hiranmayena, Ni Putu Candra (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBANTUAN QR CODE PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031026-COVER.pdf

Download (908kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031026-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031026-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop-up book pada Tema 8 Subtema 3 kelas II sekolah dasar yang valid dan praktis. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian ADDIE, adapun tahapannya terdiri dari: 1) analyze, 2) design, 3) development, 4) implementation, dan 5) evaluation. Namun, akibat keterbatasan waktu, dan finansial maka pengembangan media pop-up book ini hanya dilakukan hingga tahap analyze, design, dan development. Subjek penelitian ini adalah media pop-up book pada Tema 8 Subtema 3, sedangkan objeknya adalah validitas dan kepraktisan media pop-up book yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Instrumen yang digunakan mengukur validitas dan kepraktisan media adalah rating scale yang telah teruji oleh judges dan dinilai oleh 6 orang dosen, 2 orang wali kelas II, dan 10 orang siswa kelas II. Data yang telah di dapat kemudian kemudian dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media pop-up book. Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata validitas media pop-up book adalah 4,7, rata-rata validasi materi menunjukkan skor 4,9, dan rata-rata hasil analisis kepraktisan sebesar 4,9 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan pada Tema 8 Subtema 3 dinyatakan valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas II sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pop-up book, Tema 8 Subtema 3, QR Code
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Candra Hiranmayena
Date Deposited: 24 May 2022 01:29
Last Modified: 24 May 2022 01:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10657

Actions (login required)

View Item View Item