PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PERPINDAHAN PANAS DI SEKITAR KITA KELAS V SEKOLAH DASAR

Windrayanti, Ni Made Fajar (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PERPINDAHAN PANAS DI SEKITAR KITA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031228-COVER.pdf

Download (765kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031228-ABSTRAK.pdf

Download (462kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031228-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (667kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031228-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031228-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031228-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031228-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031228-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (546kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031228-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk video pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi perpindahan panas di sekitar kita kelas V Sekolah Dasar yang sangat valid dan sangat baik. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), (5) evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah video pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi perpindahan panas di sekitar kita, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas, respon guru/praktisi dan respon siswa terhadap video pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi perpindahan panas di sekitar kita. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Untuk mengukur validitas, respon guru/praktisi dan respon siswa terhadap video pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi perpindahan panas di sekitar kita, digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas media yang diisi oleh dua orang dosen sebagai ahli media, dua orang dosen sebagai ahli materi, dan lembar respon media yang diisi oleh dua orang guru/praktisi, dan sepuluh orang siswa melalui google formulir. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui skor rata-rata validitas, respon guru/praktisi, dan respon siswa terhadap video pembelajaran. Berdasarkan analisis data, terungkap bahwa skor rata-rata bahwa untuk media video pembelajaran sebesar 4,83 dan skor rata-rata validasi materi sebesar 4,70. Skor rata-rata respon guru terhadap video pembelajaran sebesar 4,92 dan skor rata-rata respon siswa sebesar 4,84. Hal ini berarti video pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi perpindahan panas di sekitar kita yang dikembangkan tergolong sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Fajar Windrayanti
Date Deposited: 27 May 2022 01:55
Last Modified: 27 May 2022 01:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10659

Actions (login required)

View Item View Item