Dasi, Ni Luh Krisna Devi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MUATAN IPA SISWA KELAS V SD NOMOR 1 DARMASABA TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031108-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031108-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031108-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (516kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031108-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031108-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031108-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031108-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031108-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (540kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031108-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V. Adapun tujuan dari penelitian yaitu (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media pembelajaran e-komik berbasis pendekatan kontekstual pada materi perubahan wujud benda muatan IPA siswa kelas V SD No. 1 Darmasaba, (2) untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran e-komik berbasis pendekatan kontekstual pada materi perubahan wujud benda muatan IPA siswa kelas V SD No. 1 Darmasaba. Model penelitian yang digunakan dalam mengembangkan media e-komik adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan kuesioner. Bentuk analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Media pembelajaran e-komik dinyatakan layak bersadarkan hasil uji para ahli dan uji coba siswa. Hasil persentase tingkat kelayakan media pembelajaran e-komik berdasarkan review ahli isi sebesar 97,91% dengan kualifikasi sangat baik, review ahli desain pembelajaran sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, review ahli media pembelajaran sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik dan hasil uji coba perorangan sebesar 94,33% dengan kualifikasi sangat baik serta hasil uji coba kelompok kecil sebesar 93% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil review para ahli, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil dapat disimpulkan pengembangan media pembelajaran e-komik berbasis pendekatan kontekstual layak digunakan sebagai media pembelajaran muatan IPA materi perubahan wujud benda untuk siswa kelas V di SD No. 1 Darmasaba Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media E-Komik, Kontekstual, Muatan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Krisna Devi Dasi |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 04:20 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 04:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10682 |
Actions (login required)
View Item |