Ardelia, Vira (2022) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 2 SD N PABEAN 2. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031011-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031011-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031011-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Dalam pembelajaran tematik tema 5 pengalamanku, siswa dapat menumbuhkan motivasi dalam dirinya untuk mencapai kemandirian belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi lapangan, wawancara, dokumentasi serta angket. Analisis data yang dilakukan dengan presentasi secara deskriptif, data yang diperoleh dikelompokkan dan disajikan dengan bentuk data yang mudah dibaca kemudian dianalisis dan disimpulkan dengan teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data sebagai berikut, presentase ketercapaian empat indikator kemandirian belajar menunjukkan presentase indikator kemandirian belajar, yaitu percaya diri (95%), aktif (95%), disiplin (95%) dan tanggung jawab (100%). Hasil penelitian terkait dengan kemandirian belajar siswa berkembang dan terbentuk sangat baik, sehingga kegiatan berlangsung dengan baik dan kondusif. Pembelajaran tematik menjadi suatu aktivitas belajar yang dapat mengembangkan kemandirian belajar siswa di sekolah. Kemandirian belajar yang dikembangkan, yaitu percaya diri, aktif, disiplin dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian belajar, pembelajaran tematik, siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Vira Ardelia |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 08:54 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 08:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10701 |
Actions (login required)
View Item |