ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 2 SD N PABEAN 2

Ardelia, Vira (2022) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 2 SD N PABEAN 2. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031011-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031011-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031011-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Dalam pembelajaran tematik tema 5 pengalamanku, siswa dapat menumbuhkan motivasi dalam dirinya untuk mencapai kemandirian belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi lapangan, wawancara, dokumentasi serta angket. Analisis data yang dilakukan dengan presentasi secara deskriptif, data yang diperoleh dikelompokkan dan disajikan dengan bentuk data yang mudah dibaca kemudian dianalisis dan disimpulkan dengan teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data sebagai berikut, presentase ketercapaian empat indikator kemandirian belajar menunjukkan presentase indikator kemandirian belajar, yaitu percaya diri (95%), aktif (95%), disiplin (95%) dan tanggung jawab (100%). Hasil penelitian terkait dengan kemandirian belajar siswa berkembang dan terbentuk sangat baik, sehingga kegiatan berlangsung dengan baik dan kondusif. Pembelajaran tematik menjadi suatu aktivitas belajar yang dapat mengembangkan kemandirian belajar siswa di sekolah. Kemandirian belajar yang dikembangkan, yaitu percaya diri, aktif, disiplin dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, pembelajaran tematik, siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Vira Ardelia
Date Deposited: 13 Jun 2022 08:54
Last Modified: 13 Jun 2022 08:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10701

Actions (login required)

View Item View Item