Joni, I Wayan (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY LEARNNG PADA MUATAN IPA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM BAGI KELAS V SD NEGERI 1 KELIKI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031307-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031307-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031307-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (505kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031307-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031307-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031307-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031307-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031307-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (526kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031307-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun pengembangan video pembelajaran berbasis inquiry learning pada muatan IPA materi komponen ekosistem bagi kelas V SD Negeri 1 Keliki, dan untuk mengetahui kelayakan pengembangan video pembelajaran berbasis inquiry learning pada muatan IPA materi komponen ekosistem bagi kelas V SD Negeri 1 Keliki. Subjek penelitian pengembangan ini adalah ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan 12 siswa kelas V SD Negeri 1 Keliki. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (analyse, design, development, implementation, evaluation) karena memiliki langkah-langkah yang sistematis. Metode pengumpulan yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisi deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk video pembelajaran, meliputi hasil: (a) rancang bangun pengembangan video pembelajaran berbasis inquiry learning pada muatan IPA materi komponen ekosistem meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi; (b) hasil uji coba produk meliputi: (1) hasil penilaian ahli isi mata pelajaran memperoleh hasil persentase 98,07%, dengan kualifikasi sangat baik, (2) hasil penilaian desain pembelajaran memperoleh hasil persentase 91,66%, dengan kualifikasi sangat baik, (3) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh hasil persentase 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, (4) uji coba perorangan memperoleh hasil persentase 90,73% dengan kualifikasi sangat baik, dan (5) uji coba kelompok kecil memperoleh hasil persentase 92,27% dengan kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulakan bahwa video pembelajaran berbasis inquiry learning pada muatan IPA materi komponen ekosistem layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Inquiry Learning, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Joni |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 08:56 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 08:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10702 |
Actions (login required)
View Item |