Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Topik Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya Kelas IV Sekolah Dasar

Septiana, I Gede Yudha (2022) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Topik Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031204-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031204-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031204-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031204-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031204-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031204-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031204-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031204-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031204-LAMPIRAN.pdf

Download (49MB)

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran daring kurang relevan dengan materi, karakteristik siswa dan kondisi saat ini, hal ini disebabkan karena media tersebut hanya menampilkan teks materi tanpa didukung dengan contoh-contoh serta hanya memberikan siswa kegiatan melihat dan mendengar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan protoype dan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada topik bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya kelas IV sekolah dasar yang teruji validitas dan kepraktisannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan memakai model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli desain, 2 guru, dan 12 siswa kelas IV SD. Metode kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data dengan instrumen rating scale berskala 4. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus mean. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata skor validitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dari segi ahli materi sebesar 3,90 dengan kategori sangat baik, dari segi ahli media sebesar 3,93 dengan kategori sangat baik, dan dari segi ahli desain sebesar 3,88 dengan kategori sangat baik. Rata-rata skor kepraktisan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dari respons guru sebesar 3,88 dengan kategori sangat baik, dan dari respons siswa sebesar 3,81 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada topik bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya kelas IV sekolah dasar dinyatakan valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran di kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, articulate storyline, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Yudha Septiana
Date Deposited: 13 Jun 2022 09:00
Last Modified: 13 Jun 2022 09:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10703

Actions (login required)

View Item View Item