PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI KERAGAMAN BUDAYA PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA SD KELAS IV

Sari, Ni Kadek Bulan Mella Ayunda (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI KERAGAMAN BUDAYA PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA SD KELAS IV. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031014-COVER.pdf

Download (936kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031014-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (347kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031014-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau Research & Development. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang bervariasi dalam membangun karakter peduli sosial peserta didik, melalui pembelajaran problem based learning dengan pemberian masalah yang kontekstual. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar digital dari ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan hasil uji coba produk dari peserta didik. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode non-tes yang berupa lembar kuesioner dengan skala likert 4 point. Uji kelayakan produk pada penelitian ini dilakukan oleh ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan uji keterpakaian produk dilakukan pada uji coba perorangan dan kelompok kecil siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil rancang bangun penelitian ini berupa produk bahan ajar berbentuk digital yang berisi teks, gambar, video dan kuis interaktif, sedangkan hasil uji kelayakan produk oleh ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase sebesar 76,923% dengan kualifikasi baik. Hasil uji kelayakan produk oleh ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 92,5% dengan kualifikasi sangat baik dan oleh ahli media pembelajaran memperoleh persentase 93,75% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan memperoleh persentase 85,25% dengan kualifikasi baik dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 89,52% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan uji keterpakaian produk, maka dapat disimpulkan bahan ajar digital berbasis problem based learning materi keragaman budaya pada pembelajaran IPS siswa SD kelas IV layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: IPS, keragaman budaya, karakter peduli sosial, problem based learning, bahan ajar digital.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Bulan Mella Ayunda Sari
Date Deposited: 27 Jun 2022 00:46
Last Modified: 27 Jun 2022 00:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10742

Actions (login required)

View Item View Item