PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMBAR BERSERI BERBASIS MENULIS IMAJINATIF PADA KETERAMPILAN MENULIS CERITA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NO.1 KEROBOKAN

Septarianti, Anak Agung Dwi Purba (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMBAR BERSERI BERBASIS MENULIS IMAJINATIF PADA KETERAMPILAN MENULIS CERITA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NO.1 KEROBOKAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031236-COVER.pdf

Download (933kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031236-ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031236-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (382kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031236-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031236-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031236-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031236-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031236-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031236-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Adapun penelitian pengembangan ini didasari pada latar belakang akibat adanya pembelajaran daring membutuhkan suatu media pembelajaran dalam keterampilan menulis peserta didik yang dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik dalam menulis. Pada penelitian pengembangan ini mempunyai tujuan untuk menjelaskan rancang bangun bahan ajar gambar berseri berbasis menulis imajinatif muatan Bahasa Indonesia serta menjelaskan kelayakan bahan ajar gambar berseri berbasis menulis imajinatif muatan Bahasa Indonesia berdasarkan uji ahli dan uji coba perorangan serta uji coba kelompok kecil. Pada penelitian ini menerapkan suatu model pengembangan yaitu, model ADDIE dalam tahapan pengembangan. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa lembar kuesioner atau angket yang dilengkapi dengan wawancara dan observasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan teknik analisis data adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan subjek uji coba perorangan sebanyak 3 orang peserta didik kelas III SD No.1 Kerobokan dengan tingkat hasil belajar yang berbeda – beda sedangkan subjek uji coba kelompok kecil sebanyak 9 orang peserta didik kelas III. Adapun hasil penilaian dari tahap uji pakar ahli yaitu, penilaian dari uji ahli isi mata pelajaran dengan persentase sebesar 95% berkategori sangat baik, selanjutnya oleh ahli desain pembelajaran dengan persentase sebesar 90% berkategori sangat baik, dan oleh uji ahli media pembelajaran dengan persentase sebesar 89,58% berkategori baik. Untuk uji coba perorangan mendapatkan persentase sebesar 85,71% berkategori baik dan uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 92,39% berkategori sangat baik. Dapat disimpulkan produk bahan ajar gambar berseri berbasis menulis imajinatif layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Gambar Berseri, Menulis Imajinatif, Keterampilan Menulis Cerita.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Anak Agung Dwi Purba Septarianti
Date Deposited: 27 Jun 2022 00:48
Last Modified: 27 Jun 2022 00:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10743

Actions (login required)

View Item View Item