PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI BERBASIS KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN MUATAN IPS DALAM MATERI PERISTIWA PEMBACAAN TEKS PROKLAMASI PADA SISWA KELAS V SD NO. 4 SADING BADUNG

Dewi, Ni Kadek Citra Kusuma (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI BERBASIS KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN MUATAN IPS DALAM MATERI PERISTIWA PEMBACAAN TEKS PROKLAMASI PADA SISWA KELAS V SD NO. 4 SADING BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031098-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031098-ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031098-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (491kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031098-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031098-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031098-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031098-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031098-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031098-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D yang bertujuan untuk (1) Merancang media pembelajaran aplikasi yang diberi nama RICASI untuk pembelajaran muatan IPS pada karakter semangat kebangsaan siswa kelas V, (2) Mengetahui kualitas media pembelajaran aplikasi RICASI menurut validasi pakar ahli, uji perorangan, dan uji kelompok kecil di kelas V. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas beberapa tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementationt, dan Evaluationt. Penelitian ini menggunakan metode non tes dalam pengumpulan datanya dengan instrument berupa lembar kuesioner dengan skala likert 4. Adapun hasil uji validasi produk oleh ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase skor 76,9% dengan kualifikasi baik. Validator ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 90% berada pada kategori sangat baik dan hasil validasi ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 80% dengan kualifikasi baik. Hasil uji coba perorangan memperoleh persentase skor 91,66% dengan kualifikasi sangat baik dan uji kelompok kecil memperoleh persentase skor 92,5% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil validitas dan uji coba, maka media pembelajaran aplikasi RICASI pada karakter semangat kebangsaan yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk materi peristiwa pembacaan teks proklamasi pada siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Karakter Semangat Kebangsaan, IPS, Aplikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Citra Kusuma Dewi
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:10
Last Modified: 20 Jun 2022 01:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10747

Actions (login required)

View Item View Item