POLA INTERAKSI SOSIAL DAN KOMUNIKASI GURU – SISWA MELALUI PENGUNAAN GADGET KELAS XI IPS SMAN 4 SINGARAJA DI ERA PANDEMI COVID-19 DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI

HUTAHAEAN, PARLIN (2022) POLA INTERAKSI SOSIAL DAN KOMUNIKASI GURU – SISWA MELALUI PENGUNAAN GADGET KELAS XI IPS SMAN 4 SINGARAJA DI ERA PANDEMI COVID-19 DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1714091006-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1714091006-ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714091006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714091006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1714091006-BAB 3 METODOLOGI PENELTIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714091006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1714091006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714091006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1714091006-LAMPIRAN.pdf

Download (562kB)

Abstract

Di era pandemi covid-19 mengalami perubahan terhadap proses kegiatan belajar mengajar yang harus di lakukan secara online dengan menggunakan bantuan teknlogi yang dapat menunjang proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengidentifikasi perubahan yang terjadi terhadap pola interaksi sosial dan komunikasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar di era pandemi. (2) untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi siswa dalam membangun pola interaksi dan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar di era pandemi. (3) untuk mengidentifikasi strategi guru-siswa dalam mengatasi hambatan pola interaksi sosial dan komunikasi siswa di dalam kegiatan belajar mengajar di era pandemi. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara tidak langsung dan studi dokumen. Pemilihan narasumber menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) perubahan terhadap pola interaksi sosial dan komunikasi siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Era Pandemi antara lain adalah: perubahan interaksi sosial dan komunikasi langsung menjadi interaksi sosial dan komunikasi tidak langsung melalui perantara teknologi berupa gadget dan laptop dalam kegiatan belajar mengajar, (2) faktor-faktor yang menghambat terjadinya pola interaksi dan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar di era pandemi antara lain adalah: a) siswa kesulitan untuk memahami ataupun menguasai materi belajar, b) rendahnya kemampuan pendidik dalam memberikan materi secara daring, c) semangat dan motivasi belajar menurun, d) kendala masalah jaringan atau ganguan koneksi internet yang dialami pada siswa dan guru selama kegiatan belajar daring, (3) strategi guru-siswa dalam mengatasi hambatan pola interaksi sosial dan komunikasi di dalam kegiatan belajar mengajar di era pandemi antara lain adalah a) siswa meningkatkan kemampuan belajar dan guru meningkatakan kemampuan penguasaan teknologi, b) guru meningkatkan keterampilan menguasai kelas, c) guru meningkatkan kemampuan berinteraksi dan komunikasi dengan siswa, d) guru dan Siswa melakukan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pembelajaran daring, interaksi sosial, hambatan interaksi sosial, strategi mengatasi hambatan interaksi sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1)
Depositing User: Parlin Hutahaean
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:50
Last Modified: 24 Jun 2022 08:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10758

Actions (login required)

View Item View Item