PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM SOLVING DALAM IPS MUATAN MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SD NEGERI TULANGAMPIANG

Raditya, I Kade Septatika (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM SOLVING DALAM IPS MUATAN MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SD NEGERI TULANGAMPIANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031064-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031064-ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (517kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031064-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031064-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031064-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun media pembelajaran flipbook berbasis problem solving dalam IPS muatan materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD Negeri Tulangampiang dan mengetahui kelayakan media pembelajaran flipbook berbasis problem solving dalam IPS muatan materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD Negeri Tulangampiang. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 12 siswa kelas V SD Negeri Tulangampiang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) karena langkah-langkahnya disusun secara terstruktur dengan langkah-langkah kegiatan yang sistematis. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk media flipbook, meliputi hasil: (a) rancang bangun pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis problem solving yaitu tahapan analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi; (b) hasil uji coba produk meliputi: (1) hasil penilaian ahli materi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90%, dengan kualifikasi sangat baik; (2) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 87,5% dengan kualifikasi baik; (3) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 91,7%, dengan kualifikasi sangat baik; dan (4) hasil penilaian siswa melalui uji coba perorangan memperoleh persentase skor 95,83%, dengan kualifikasi sangat baik. (5) hasil penilaian siswa melalui uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 94,72% dengan kualifikasi sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis problem solving dalam IPS muatan materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia layak digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Flipbook, Problem Solving, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Kade Septatika Raditya
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:19
Last Modified: 23 Jun 2022 02:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10768

Actions (login required)

View Item View Item