Primadewi, Ni Made Ayu (2022) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 17 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031025-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031025-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (454kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (522kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031025-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Minimnya penggunaan media pembelajaran serta pembelajaran yang masih bersifat konvensional menyebabkan hasil belajar siswa rendah merupakan permasalahan utama dalam penelitian ini. Dengan begitu diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran agar berjalan secara efektif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan rancang bangun video animasi berorientasi problem based learning pada materi pecahan kelas IV SD Negeri 17 Pemecutan dan mengetahui validitas video animasi berorientasi problem based learning pada materi pecahan kelas IV SD Negeri 17 Pemecutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian meliputi 1 orang ahli rancang bangun, 1 orang ahli materi, 1 orang ahli rancang bangun, ahli desain dan media pembelajaran, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, serta 9 orang siswa sebagai uji kelompok kecil. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil rancang bangun video animasi berorientasi problem based learning materi pecahan yaitu sudah sesuai dengan tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil uji coba produk meliputi hasil review uji ahli materi sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 90,27% dengan kualifikasi sangat baik, uji kelompok kecil sebesar 90,73% dengan kualifikasi sangat baik. Media video animasi berorientasi problem based learning materi pecahan valid digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video animasi, problem based learning, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Ayu Primadewi |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 00:53 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 00:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10773 |
Actions (login required)
View Item |