Asima, Hesty Wahyu (2022) PENGGUNAAN SALURAN YOUTUBE RUANG BAHASA I.D DALAM PEMBELAJARAN TEKS SURAT KELAS VII UPT SMP NEGERI 3 PONGGOK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712011027-COVER.pdf Download (903kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712011027-ABSTRAK.pdf Download (121kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (38kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712011027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712011027-LAMPIRAN.pdf Download (426kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, serta kendala dalam penggunaan video Youtube Ruang Bahasa I.d pada pembelajaran teks surat kelas VII di UPT SMP Negeri 3 Ponggok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D, dan objek penelitian yang diangkat adalah penggunaan saluran video Youtube Ruang Bahasa I.d dalam pembelajaran teks surat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Setelah data terkumpul, maka dilakukan teknik analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran teks surat menggunakan Ruang Bahasa I.d ada lima, yakni (1) meninjau silabus, (2) memilih media pembelajaran, (3) memeriksa kembali media yang sudah dipilih, (4) membuat bahan untuk mengevaluasi, dan (5) menyusun RPP. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari beberapa tahapan, yakni (1) membuka pembelajaran, (2) melakukan apersepsi, (3) mengirimkan tautan video Ruang Bahasa I.d yang digunakan sebagai media, (4) meminta siswa untuk melihat video, (5) guru dan siswa berdiskusi terkait materi, (6) guru memberikan penegasan ulang dan membuat kesimpulan, serta (7) guru menutup pembelajaran. Adapun kendala-kendala yang dirasakan guru terdiri dari sisi guru dan siswa. Dari sisi guru, kendala yang ada seperti terdapat siswa yang tidak memiliki kuota dan sulitnya mengontrol siswa. Sedangkan, dari sisi siswa, kendala yang ada seperti sinyal internet yang tidak stabil. Walaupun terdapat beberapa kendala, pembelajaran teks surat menggunakan Ruang Bahasa I.d yang telah dilaksanakan sudah lebih baik daripada pembelajaran yang hanya menggunakan modul. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya siswa yang ikut kelas daring, sekaligus mengumpulkan tugas. Kata kunci: pembelajaran daring, Ruang Bahasa I.d, teks surat, Youtube
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran daring, Ruang Bahasa I.d, Teks Surat, Youtube |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | HESTY WAHYU ASIMA |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 05:15 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 05:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10780 |
Actions (login required)
View Item |