Wahyuni, Ni Putu Candra Oka (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL LEARNING PADA MUATAN MATERI BANGUN RUANG TABUNG KELAS VI DI SD NEGERI 2 PEREAN KECAMATAN BATURITI KABUPATEN TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031244-COVER.pdf Download (765kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031244-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031244-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (780kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031244-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031244-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (966kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031244-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031244-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031244-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (576kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031244-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mendeskripsikan validitas media video pembelajaran matematika berbasis kontekstual learning muatan materi bangun ruang tabung menurut para ahli dan uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengujian dilakukan oleh tiga orang ahli meliputi ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan uji coba produk dengan melibatkan siswa sebagai subjek uji coba produk yang dikembangkan meliputi uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) sebagai langkah-langkah sistematis dalam pengembangan produk. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Media video pembelajaran matematika berbasis kontekstual learning pada muatan materi bangun ruang tabung dinyatakan valid dengan: (a) hasil uji rancang bangun mendapatkan hasil bahwa media video pembelajaran berbasis kontekstual learning yang dikembangkan sesuai dengan model pengembangan ADDIE, (b) hasil review ahli isi pembelajaran memperoleh persentase (91,66%) dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh persentase (93,75%) dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil review ahli media pembelajaran memperoleh persentase (94,23%) dengan kualifikasi sangat baik, (e) hasil uji coba perorangan memperoleh persentase (94,44%) dengan kualifikasi sangat baik dan (f) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase (93,97%) dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil review para ahli dan hasil subjek uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil, dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran matematika berbasis kontekstual learning adalah layak digunakan dalam pembelajaran muatan matematika materi bangun ruang tabung di kelas VI SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran, Kontekstual Learning, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Candra Oka Wahyuni |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 01:35 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 01:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10789 |
Actions (login required)
View Item |