PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS KONTEKSTUAL LEARNING MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD NO. 9 JIMBARAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Sawitri, Luh Ayu Devi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS KONTEKSTUAL LEARNING MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD NO. 9 JIMBARAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031296-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031296-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031296-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (543kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031296-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031296-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031296-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031296-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031296-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031296-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan media pembelajaran audio visual berbasis kontekstual learning materi volume bangun ruang kubus dan balok kelas V SD No. 9 Jimbaran tahun ajaran 2021/2022. Model pengembangan media yang digunakan dalam pedoman penelitian ini yaitu model 4-D. Adapun tahapan pada model 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan lembar kuesioner / angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Rancang bangun media pembelajaran audio visual berbasis kontekstual learning berupa video pembelajaran dikemas dalam bentuk link video yang memuat materi volume bangun ruang kubus dan balok. (2) Dinyatakan layak berdasarkan hasil dari uji coba produk meliputi : (a) hasil review ahli isi pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 91,07% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil review ahli desain pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil review ahli media pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 92,85% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji coba perorangan mendapatkan persentase sebesar 93,74% dengan kualifikasi sangat baik, dan (e) hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 94,90% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis kontekstual learning materi volume bangun ruang kubus dan balok layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V SD No. 9 Jimbaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, audio visual, kontekstual learning, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Ayu Devi Sawitri
Date Deposited: 27 Jun 2022 00:59
Last Modified: 27 Jun 2022 00:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10797

Actions (login required)

View Item View Item