Wirantini, Ni Putu Novita (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TOPIK SIKLUS AIR PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031205-COVER.pdf Download (356kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031205-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031205-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031205-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031205-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031205-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031205-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031205-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031205-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berbasis multimedia interaktif topik siklus air pada pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar yang teruji validitas dan kepraktisan. Model pengembangan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: Analize, Design, Development, Implementation, Evaluation, tetapi, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Subjek penelitian ini ialah dua ahli materi , dua media ahli media pembelajaran, praktisi dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah validitas dan kepraktisan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif topik siklus air pada pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Untuk mengukur validitas dan kepraktisan media berbasis multimedia interaktif topik siklus air pada pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar, digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas media yang diisi oleh dua orang dosen sebagai ahli media, dua orang dosen sebagai ahli materi, dan lembar kepraktisan media yang diisi oleh dua orang guru atau praktisi, dan sepuluh respon siswa melalui google formulir. Berdasarkan analisis data, terungkap bahwa skor rata-rata bahwa untuk media pembelajaran berbasis multimedia pembelajaran sebesar 3,60 dan skor rata-rata validasi materi sebesar 3,78. Skor rata-rata kepraktisan video pembelajaran oleh guru atau praktisi sebesar 3,81 dan skor rata-rata respon siswa sebesar 3,98. Hal ini berarti media pembelajaran berbasis multimedia pembelajaran topik siklus air pada pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar yang dikembangkan tergolong sangat baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Siklus Air, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Novita Wirantini |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 02:27 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 02:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10802 |
Actions (login required)
View Item |