Suryanata, I Putu Agus (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SUMBER ENERGI MUATAN IPA KELAS IV SD NEGERI 2 BAKBAKAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031313-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031313-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031313-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (489kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031313-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031313-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (900kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031313-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031313-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031313-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (584kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031313-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan rancang bangun Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning Materi Sumber Energi Muatan IPA (2) Menguji validitas Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning Materi Sumber Energi Muatan IPA menurut para ahli dan uji coba produk. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, metode wawancara dan metode penyebaran angket atau kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian (1) rancang bangun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning Materi Sumber Energi Muatan IPA menggunakan model pengembangan ADDIE. (2) Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning Materi Sumber Energi Muatan IPA dikatakan valid dengan: (a) review ahli isi mata pelajaran menunjukkan lembar kerja peserta didik sangat baik dengan persentase (93%), (b) review ahli desain pembelajaran lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning termasuk dalam kriteria sangat baik dengan persentase (90%). (c) hasil review ahli media pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning termasuk dalam kriteria baik dengan persentase (88%) dan (d) hasil uji perorangan media lembar kerja peserta didik termasuk dalam kriteria sangat baik dengan persentase (92,85%). Maka dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 Bakbakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik, berbasis Problem Based Learning, IPA, Sumber Energi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Putu Agus Suryanata |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 02:30 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 02:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10808 |
Actions (login required)
View Item |